Friday, October 26, 2012

Download Kisi-kisi UKG

Advertisement

Pelaksaan UKG (Uji kompetensi guru) bertujuan guna memetakan penguasaan kompetensi guru baik kompetensi pedagogik maupun profesional sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan. Pengembangan keprofesian berkelanjutan dilaksanakan dan diperuntukkan bagi semua guru baik yang sudah bersertifikat maupun belum bersertifikat. Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembinaan profesi tersebut diperlukan pemetaan kompetensi yang secara detail bisa mendeskripsikan kondisi objektif kompetensi, materi serta strategi pembinaan yang dibutuhkan oleh guru. Uji kompetensi guru tahun 2012 yang dilaksanakan secara nasional ini merupakan pelaksanaan uji kompetensi guru yang kedua kalinya selama 10 tahun terakhir. Tahun 2004 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pernah melakukan uji kompetensi guru secara nasional yang dikoordinasikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hasilnya diinformasikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota digunakan sebagai dasar dalam penentuan program pembinaan guru. Hasil UKG tahun 2012 ini akan diintegrasikan dengan program penilaian kinerja guru dan pengembangan keprofesian berkelanjutan sebagaimana diamanatkan dalam Permenpan dan RB Nomor 16 Tahun 2009 sebagai persyaratan kenaikan pangkat dan jabatan fungsional guru.

Download Kisi-kisi UKG

  1. Kisi-kisi UKG Guru TK, Download Kisi-kisi Guru Kelas TK
  2. Kisi-kisi UKG Guru SD, Download Kisi-kisi Guru Kelas SD, Guru Kelas SDLB, Bahasa Inggris SD, Penjaskes SD
  3. Kisi-kisi UKG Guru SMP, Download Kisi-kisi Matematika SMP, IPA SMP, IPS SMP, untuk mapel yang lainnya bisa anda download lengkap melalui link ini
  4. Kisi-kisi UKG Guru SMK, Download Kisi-kisi Matematika SMK, IPA SMK, IPS SMK, Fisika SMK, untuk mapel yang lainnya bisa anda download lengkap melalui link ini
  5. Kisi-kisi UKG Guru SMA, Download Kisi-kisi Matematika SMA, Fisika SMA, Kimia SMA, Biologi SMA, untuk mapel yang lainnya bisa anda download lengkap melalui link ini
  6. Kisi-kisi UKG Guru Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah, Download Kisi-kisi UKG Kepala Sekolah, Download Kisi-kisi UKG Pengawas Sekolah

Pengembangan instrumen uji kompetensi awal terdiri dari kisi-kisi dan butir soal. Soal UKG dikembangkan oleh Tim Ahli dengan bentuk soal obyektif tes jenis pilihan ganda dengan 4 opsi pilihan jawaban. Komposisi instrumen tes adalah 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional dengan waktu pengerjaan soal ujian adalah 120 menit dan jumlah soal maksimal 100 butir soal. Kecuali guru Tuna Netra waktu yang diberikan 180 menit.

Aspek kompetensi yang diujikan

1. Kompetensi Pedagogik Standar kompetensi pedagogik sesuai dengan Permendiknas sebagai berikut:



a. Mengenal karakteristik dan potensi peserta didik

b. Menguasasi teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif

c. Merencanakan dan mengembangkan kurikulum

d. Melaksanakan pembelajaran yang efektif

e. Menilai dan mengevaluasi pembelajaran Kompetensi yang diinginkan adalah konsistensi penguasaan pedagogik antara content dengan performance,yaitu bukan sekedar penguasaan guru tentang pengenalan peserta didik, model belajar, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, tetapi tes yang mampu memprediksi bagaimana guru mengintegrasikan kelimanya dalam pelaksanaan pembelajaran.

2. Kompetensi Profesional



a. Penguasaan materi, struktur, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

b. Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif

c. Konsistensi penguasaan materi guru antara content dengan performance:

- teks, konteks, & realitas

- fakta, prinsip, konsep dan prosedur

- ketuntasan tentang penguasaan filosofi, asal-usul, dan aplikasi ilmu

Kisi-kisi dan soal UKG dijabarkan berdasarkan:



a. Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

b. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi.

c. Permendiknas Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.

d. Permendiknas Nomor 32 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru Pendidikan Khusus

e. Keputusan Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor 251/C/KEP/MN/2008 tentang Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan.

Kisi-kisi UKG perlu dipahami dengan baik oleh para peserta dan oleh pihak-pihak yang terkait ujian guru ini. Semoga bermanfaat, amin!

Related Articles:

0 comments:

Post a Comment