Wednesday, November 21, 2012

Anggaran Tunjangan Guru TK Turun

Advertisement

Meski pemerintah pusat telah memprioritaskan pembangunan terhadap dunia pendidikan, namun sampai dengan saat ini tingkat kesejahteraan yang diberikan para pendidik masih tergolong belum memadai. Sebagai contoh di Brebes sendiri, kuota alokasi tunjangan terhadap guru Taman Kanak-Kanak (TK) semakin berkurang. Dari hasil laporan yang masuk ke Forum Guru Swasta (Forgusta) Kabupaten Brebes menyebutkan, alokasi tunjangan guru TK di Kecamatan Ketanggungan yang sebelumnya diberikan ke 90 guru TK saat ini berkurang menjadi 60 guru.

Ketua Forgusta Brebes, Zaki Safrudin kepada Radar Tegal mengatakan, saat ini dirinya telah menerima laporan terkait dengan berkurangnya kuota alokasi tunjangan yang diberikan kepada guru TK. Menurutnya, laporan yang masuk dari wilayah Kecamatan Ketanggungan menyebutkan, ada pengurangan kuota sebanyak 30 guru TK yang mendapatkan tunjangan yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten dan Provinsi. Pengurangan itu membuat sejumlah guru TK di kecamatan setempat merasa keberatan.

"Sejumlah guru TK di Kecamatan Ketanggungan hari ini datang ke Forgusta untuk melaporkan adanya pengurangan kuota tunjangan. Mereka sangat kecewa lantaran adanya kebijakan itu,"ujar Zaki.

Atas laporan itu, lanjut dia, Forgusta sangat prihatin dengan adanya kebijakan pengurangan terhadap kuota jumlah penerima tunjangan yang bersumber dari APBD I dan II tahun anggaran 2012. Kebijakaan itu, lanjutnya, sangat mempengaruhi kinerja bagi sebagian guru TK di Kecamatan Ketanggungan.

Selanjutnya Ketua Forgusta Brebes Zaki menjelaskan, sesuai dengan program pemerintah pusat, seharusnya pemerintah daerah bisa ikut mendukung program itu. Namun pada kenyataannya dukungan itu tidak sepenuhnya dilaksanakan.

Hal ini terbukti masih adanya upaya pengurangan terhadap alokasi pendidikan khususnya kuota alokasi tunjangan yang diberikan kepada guru TK. Idealnya pemerintah daerah menambah alokasi itu, tapi ini malah mengurangi.

Sumber : Jawa Pos

Related Articles:

0 comments:

Post a Comment