Friday, January 11, 2013

Dana Kesra Guru Rp2,2 Juta Setahun

Advertisement

Upaya peningkatan kesejahteraan guru terus dilakukan oleh Pemerintah Aceh. Pada tahun 2013 dialokasikan anggaran Rp 157 miliar, yang ditampung di Anggaran Pendapatan dan Belanja Aceh (APBA).

"Tahun ini masih dialokasikan, tapi untuk tahun depan kita harap ada sharing dari Kabupaten/kota," demikian penjelasan anggota Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) Tgk. Mahyaruddin Yusuf, Rabu (9/1).

Dalam beberapa tahun terakhir, dana kesejahteraan guru dialokasikan pemerintah Aceh. Tahun ini besarannya masih sama seperti tahun sebelumnya yaitu Rp 2,2 juta.

Anggaran sebesar itu, hanya diberikan satu tahun satu kali. Tidak setiap bulan. Setiap guru di daerah ini berhak mendapatkan dana tersebut.

Namun begitu, mulai tahun 2014 dana kesejahteraan guru atau sering disebut uang NAD tidak sepenuhnya ditanggung lagi dalam APBA. Pemerintah kabupaten/kota diharapkan bisa mengalokasikan dana sharing dikarenakan semakin besarnya beban Pemerintah Aceh.

Selain itu, dana beasiswa bagi anak yatim pada APBA Tahun 2013 akan dialokasikan lebih dari Rp200 miliar."Dana beasiswa bagi anak yatim tetap dialokasikan,"sebutnya.

Lebih lanjut Mahyaruddin Yusuf menambahkan bahwa alokasikan anggaran yang akan diupayakan mengalami kenaikan adalah dana Pendidikan Luar Biasa (PLB).

Anggaran PLB tahun sebelumnya dialokasikan Rp6 miliar. Pada tahun APBA 2013 alokasinya akan diupayakan lebih. Sejumlah SLB akan dibangun di tingkat kabupaten/kota. Ini bagi pemerataan pendidikan.

Jawa Pos

Related Articles:

0 comments:

Post a Comment