Thursday, January 31, 2013

Materi POS Ujian Nasional 2013 - BSNP/Kemdikbud

Advertisement

Materi POS Ujian Nasional 2013 yang telah disosialisasikan oleh BSNP dan atau Kemdikbud begitu penting artinya bagi kita sebagai guru / pendidik. Karena selain Bapak/Ibu akan terlibat secara langsung/tidak langsung dalam proses pembelajaran jelang UN 2013 juga mungkin saja Bapak/Ibu akan bertugas sebagai pengawas ujian nasional di satuan pendidikan dimana anda bertugas.

Terlebih lagi bagi Bapak/Ibu yang sudah menyandang Guru Bersertifikasi, tampaknya hal ini merupakan kesempatan emas untuk menunjukkan kepada dunia kependidikan bahwa kita memang layak menyandang sertifikasi guru.

Tentu saja materi yang terdapat dalam Prosedur Operasi Standar Ujian Nasional (POS-UN) bukan untuk sekedar kita miliki saja, namun lebih dari itu mari kita kaji secara lebih intensif agar bisa dijadikan acuan dalam ujian nasional tahun ajaran 2012/2013. Kisi-kisi UN 2013 yang telah lebih dahulu diterbitkan, kiranya merupakan bagian tak terpisahkan dari peraturan ini. Karena terus terang dengan memahami kedua materi tersebut, keberhasilan ujian nasional akan lebih baik lagi.

Nah, berikut ini kami haturkan file POS Ujian Nasional 2013, selanjutnya bisa anda download :

  1. POS UN SD/MI 2013, silakan download disini
  2. POS UN SMP/MTs, SMA/MA, SMK, UN Paket 2013, silakan download disini
  3. Tata Tertib Pengawas Ujian Nasional 2013, bisa di download disini


Salah satu bagian penting yang harus kita fahami dari POS UN 2013 adalah peraturan mengenai Tata Tertib Pengawas Ruang UN dan Tata Tertib Peserta UN, contohnya :

Tata Tertib Pengawas Ruang UN


Perguruan Tinggi menetapkan pengawas ruang di satuan pendidikan SMA, MA, dan SMK berdasarkan usulan dari Dinas Pendidikan dan Kankemenag kabupaten/kota sebagai penyelenggara UN Tingkat Kabupaten/Kota. Pengawas ruang untuk UN SMA/MA dan SMK dilakukan oleh guru SMA/MA dan SMK yang diatur secara silang. Untuk tingkat SD/MI, SDLB pengawas Ruang UN adalah guru yang memiliki sikap dan perilaku disiplin, jujur, bertanggung jawab, teliti, dan memegang teguh kerahasiaan serta bukan guru kelas VI. Penempatan Pengawas Ruang UN dilakukan oleh Penyelenggara UN Tingkat Kabupaten/Kota dengan prinsip sistem silang murni antarsekolah/madrasah dalam satu kecamatan.


Tata Tertib Peserta UN


Peserta UN memasuki ruangan setelah tanda masuk dibunyikan, yakni 15 (lima belas) menit sebelum UN dimulai. Peserta UN yang terlambat hadir hanya diperkenankan mengikuti UN setelah mendapat izin dari ketua Penyelenggara UN Tingkat Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaraan, tanpa diberi perpanjangan waktu.

Demikian Materi POS Ujian Nasional 2013 kami informasikan, semoga bermanfaat, Amin Ya Rabbal Alamin!




Related Articles:

0 comments:

Post a Comment