Saturday, March 9, 2013

Calon Peserta Sertifikasi Guru Kalimantan Selatan

Advertisement

Di Indonesia, pengakuan guru sebagai pendidik profesional dibuktikan melalui sertifikat pendidik yang diperoleh melalui suatu proses yang disebut sertifikasi. Sertifikasi bagi guru dalam jabatan sebagai salah satu upaya peningkatan mutu guru diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan pada satuan pendidikan formal. Untuk itu, terus dilakukan perbaikan pelaksanaan sertifikasi guru.

Pelaksanaan sertifikasi guru dimulai sejak tahun 2007 setelah diterbitkannya Peraturan Mendiknas Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan. Landasan hukum yang digunakan sebagai dasar penyelenggaraan sertifikasi guru sejak tahun 2009 adalah Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. Tahun 2013 merupakan tahun ketujuh pelaksanaan sertifikasi guru dalam jabatan.



Di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan menurut data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), terdapat sekitar 11.506 orang guru yang belum memperoleh sertifikat guru. Jumlah calon peserta sertifikasi terbanyak berada di daerah Kabupaten Banjar 1.515 peserta, sementara yang paling sedikit jumlahnya terdapat di daerah Kabupaten Tapin 260 peserta. Berikut kami sampaikan rekapannya, silakan dipelajari!


Daftar Guru Belum Bersertifikat Pendidik


No.Kabupaten / KotaJumlah Guru
Belum Bersertifikat Pendidik
1 Kabupaten Balangan 881 peserta
2 Kabupaten Banjar 1.515 peserta
3 Kabupaten Barito Kuala 965 peserta
4 Kabupaten Hulu Sungai Selatan 1.022 peserta
5 Kabupaten Hulu Sungai Tengah 393 peserta
6 Kabupaten Hulu Sungai Utara 977 peserta
7 Kabupaten Kotabaru 723 peserta
8 Kabupaten Tabalong 795 peserta
9 Kabupaten Tanah Bumbu 1.041 peserta
10 Kabupaten Tanah Laut 1.016 peserta
11 Kabupaten Tapin 260 peserta
12 Kota Banjarbaru 585 peserta
13 Kota Banjarmasin 1.333 peserta

Sumber : Badan PSDMP dan PMP, Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Kemdikbud

Menurut Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Rudy Ariffin dalam kegiatan silaturahmi dengan warga Persatuan Guru Repulbik Indonesia (PGRI) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), yang dilangsungkan di Stadion Karias, bahwa terkait dengan dunia pendidikan ada 4 hal yang harus diperhatikan guna kemajuan mutu pendidikan di kalsel.

Menurutnya, di antara 4 hal penting tersebut, yaitu melalui pemberantasan buta aksara, penuntasan wajib belajar 9 Tahun, dan juga penerapan Tahun 2009 anak diwajibkan menginjak bangku pendidikan minimal 12 Tahun, serta peningkatan mutu guru melalui sertifikasi kompetensi.

Salah satu upaya pengembangan SDM yang berkualitas adalah melalui jalur pendidikan, karena pendidikan adalah inventaris terbesar dalam pengembangan SDM yang diharapkan mampu memberikan kontribusi untuk mampu merubah segala aspek kehidupan serta berbagai sarana yang sangat penting bagi kemajuan suatu bangsa.

Dalam kesempatan itu juga, Rudi mengharapkan melalui berbagai program unutk menunjang kemajuan dunia pendidikan, semua guru diwajibkan berpendidikan minimal strata S1. Dan seluruh warga PGRI diharapkan untuk bersama-sama meningkatkan dunia pendidikan melalui program pemerintah.

Sedangkan, untuk wajib belajar 12 Tahun program tersebut sudah diberlakukan pada tahun 2009, Rudy berharap, dalam 5 Tahun kedepan program yang dilakukan pemerintah dapat bisa tercapai dengan mudah, sehingga masyarakat Kalsel minimal mengecam pendidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau sederajat, lanjut Gubernur.

Terkait dengan Perda No. 3 Tahun 2009 tentang pendidikan Al-Qur’an usia dini berharap, pada tahun 2010 ini, mata pelajaran agama Islam akan dimasukan kedalam mata pelajaran muatan lokal dan juga mengenai pelajaran sejarah budaya banjar.

Sementara itu, Bupati HSU, HM Aunul Hadi dalam sambutannya mengungkapkan, mengenai silaturrahmi Gubernur ini, juga merupakan sekaligus sebagai sosialisasi Kebijakan Program Bidang Pendidikan di Propinsi Kalsel.

Demikian informasi daftar guru yang belum bersertifikat pendidik atau calon peserta sertifikasi guru Kalimantan Selatan. Semoga bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!


Related Articles:

0 comments:

Post a Comment