Saturday, March 9, 2013

Calon Peserta Sertifikasi Guru Banten

Advertisement

Program sertifikasi guru terus dilanjutkan oleh Pemerintah. Kebijakan sergur tahun 2013 diperbaiki baik dalam sistem penentuan peserta maupun penyelenggaraannya. Pemerintah memastikan bahwa Kuota sertifikasi 2013 ditetapkan sejumlah 250 ribu kursi, seperti pernah disampaikan Kepala Badan Pengembangan SDM dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDM-PMP) Kemdikbud Syawal Gultom.

Di wilayah Provinsi Banten menurut data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), terdapat sekitar 16.468 orang guru yang belum memperoleh sertifikat guru. Jumlah calon peserta sertifikasi terbanyak berada di daerah Kabupaten Lebak 3.086 peserta, sementara yang paling sedikit jumlahnya terdapat di daerah Kota Serang 1.448 peserta. Berikut kami sampaikan rekapannya, silakan dipelajari!



Daftar Guru Belum Bersertifikat Pendidik


No.Kabupaten / KotaJumlah Guru
Belum Bersertifikat Pendidik
1 Kabupaten Lebak 3.086 peserta
2 Kabupaten Pandeglang 2.270 peserta
3 Kabupaten Serang 2.195 peserta
4 Kabupaten Tangerang 2.550 peserta
5 Kota Cilegon 1.170 peserta
6 Kota Serang 1.448 peserta
7 Kota Tangerang 2.001 peserta
8 Kota Tangerang Selatan 1.748 peserta

Sumber : Badan PSDMP dan PMP, Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Kemdikbud

Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah menargetkan sebanyak 88.317 guru di Banten selesai mengikuti program sertifikasi serta uji kompetensi guru hingga Tahun 2014. Menurutnya saat ini masih ada sekitar 54 ribu yang belum sertifikasi. Namun dari jumlah itu sekitar 30 ribu termasuk usia lanjut, sisanya sekitar 24 ribu guru ditargetkan selesai sertifikasi hingga 2014.

Ia mengatakan, target tersebut optimis bisa tercapai karena Pemerintah Provinsi Banten melalui APBD terus berupaya mendorong peningkatan kompetensi guru terutama untuk para guru yang belum menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Sedangkan bagi guru PNS sudah menjadi kewenangan pemerintah pusat.

Pihaknya melalui Dinas Pendidikan Provinsi Banten terus berupaya mendorong agar semua guru di Banten ikut sertifikasi dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan kompetensi para guru.

Menurutnya, para guru harus menumbuhkan semangat dan tekad dengan penuh keihlasan dan profesionalisme untuk meningkatkan Sumber daya manusia melalui sertifikasi. Sehingga melalui sertifikasi tersebut bisa memberikan kontribusi bagi para guru.

Demikian informasi daftar guru yang belum bersertifikat pendidik atau calon peserta sertifikasi guru Banten tahun 2013. Perlu kita fahami bersama bahwa dari sejumlah data tersebut bahwa guru belum bersertifikat pendidik adalah guru bukan GTT dan belum memiliki sertifikat pendidik, sertifikasi guru dalam jabatan. Verifikasi data guru bertujuan mendapatkan informasi yang benar sebagai bahan informasi awal dalam penetapan peserta Sertifikasi Guru Dalam Jabatan tahun 2013 dan tahun-tahun berikutnya.


Related Articles:

0 comments:

Post a Comment