Saturday, March 9, 2013

Calon Peserta Sertifikasi Guru Bengkulu

Advertisement

Program sertifikasi guru terus dilanjutkan oleh Pemerintah. Kebijakan sergur tahun 2013 diperbaiki baik dalam sistem penentuan peserta maupun penyelenggaraannya. Pemerintah memastikan bahwa Kuota sertifikasi 2013 ditetapkan sejumlah 250 ribu kursi, seperti pernah disampaikan Kepala Badan Pengembangan SDM dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDM-PMP) Kemdikbud Syawal Gultom.

Di wilayah Provinsi Bengkulu menurut data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), terdapat sekitar 9078 orang guru yang belum memperoleh sertifikat guru. Jumlah calon peserta sertifikasi terbanyak berada di daerah Kota Bengkulu 1.366 peserta, sementara yang paling sedikit jumlahnya terdapat di daerah Kabupaten Bengkulu Tengah 547 peserta. Berikut kami sampaikan rekapannya, silakan dipelajari!



Daftar Guru Belum Bersertifikat Pendidik


No.Kabupaten / KotaJumlah Guru
Belum Bersertifikat Pendidik
1 Kabupaten Bengkulu Selatan 1.091 peserta
2 Kabupaten Bengkulu Tengah 547 peserta
3 Kabupaten Bengkulu Utara 1.012 peserta
4 Kabupaten Kaur 600 peserta
5 Kabupaten Kepahiang 647 peserta
6 Kabupaten Lebong 664 peserta
7 Kabupaten Mukomuko 1.259 peserta
8 Kabupaten Rejang Lebong 1.061 peserta
9 Kabupaten Seluma 831 peserta
10 Kota Bengkulu 1.366 peserta

Sumber : Badan PSDMP dan PMP, Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Kemdikbud

Tim sertifikasi guru Dispendik Kota Bengkulu akan menggodok hasil verifikasi ratusan berkas guru. Hasil Verifikasi tersebut akan dikirimkan melalui dana online PMPTK. Mengingat perangkingan peserta sertifikasi akan dilakukan secara online melalui website kementerian. Menurut Kasubag Kepegawaian Dispendik Kota Bengkulu, Firman Jonaidi SPd, pihaknya sedang mengoreksi berkas yang kita terima.

Pengkoreksian ini dilakukan guna mengetahui kelengkapan persyaratan yang harus dilengkapi. Seperti harus memiliki ijazah pendidikan S1 atau D IV masa kerja minimal 6 tahun. Sedangkan bagi pendidik belum S1 atau D IV usia minimal 50 tahun terhitung sejak 1 januari 2013, golongan minimal IV/a, masa kerja sebagai guru minimal 20 tahun.
“Usai verifikasi tersebut, barulah akan dilakukan perangkingan berdasarkan usia guru dan masa kerja,” jelasnya.

Disamping itu pendidikan akhir guru dan pengawas juga menjadi salah satu faktor penentu. Apalagi peluang untuk mendapatkan kursi uji sertifikasi sangat terbuka lebar. “Penetapan peserta akan dilakukan dengan cermat dan transparan dan mengikuti urutan prioritas yang telah ditentukan sesuai dengan buku pedoman penetapan peserta sertifikasi,” ungkapnya.

Kemudian daftar rangking tersebut, diumumkan dan langsung diserahkan ke Universitas Bengkulu sebagai penyelenggara uji sertifikasi.

Demikian informasi daftar guru yang belum bersertifikat pendidik atau calon peserta sertifikasi guru Bengkulu 2013. Perlu kita fahami bersama bahwa dari sejumlah data tersebut bahwa guru belum bersertifikat pendidik adalah guru bukan GTT dan belum memiliki sertifikat pendidik, sertifikasi guru dalam jabatan. Verifikasi data guru bertujuan mendapatkan informasi yang benar sebagai bahan informasi awal dalam penetapan peserta Sertifikasi Guru Dalam Jabatan tahun 2013 dan tahun-tahun berikutnya.


Related Articles:

0 comments:

Post a Comment