Saturday, March 9, 2013

Calon Peserta Sertifikasi Guru DKI Jakarta

Advertisement

Program sertifikasi guru terus dilanjutkan oleh Pemerintah. Kebijakan sergur tahun 2013 diperbaiki baik dalam sistem penentuan peserta maupun penyelenggaraannya. Pemerintah memastikan bahwa Kuota sertifikasi 2013 ditetapkan sejumlah 250 ribu kursi, seperti pernah disampaikan Kepala Badan Pengembangan SDM dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDM-PMP) Kemdikbud Syawal Gultom.

Di wilayah Provinsi DKI Jakarta menurut data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), terdapat sekitar 7013 orang guru yang belum memperoleh sertifikat guru. Jumlah calon peserta sertifikasi terbanyak berada di daerah Kota Administrasi Jakarta Timur 1.840 peserta, sementara yang paling sedikit jumlahnya terdapat di daerah Kota Administrasi Jakarta Pusat 927 peserta. Berikut kami sampaikan rekapannya, silakan dipelajari!



Daftar Guru Belum Bersertifikat Pendidik


No.Kabupaten / KotaJumlah Guru
Belum Bersertifikat Pendidik
1 Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Maaf data KAB. KEPULAUAN SERIBU tidak ada
2 Kota Administrasi Jakarta Barat 1.492 peserta
3 Kota Administrasi Jakarta Pusat 927 peserta
4 Kota Administrasi Jakarta Selatan 1.468 peserta
5 Kota Administrasi Jakarta Timur 1.840 peserta
6 Kota Administrasi Jakarta Utara 1.286 peserta

Sumber : Badan PSDMP dan PMP, Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Kemdikbud

Program sertifikasi guru dan dosen yang digelar secara nasional bertujuan untuk meningkatkan profesionalitas dan kompetensi mengajar. Hal itu dilakukan agar mutu pendidikan di Indonesia meningkat serta berdaya saing tinggi di dunia internasional.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DKI Jakarta Drs Sutami MPd menyatakan, kebijakan pemerintah di bidang pendidikan tak hanya menyediakan alokasi anggaran 20 persen tapi juga mendorong profesionalisme guru dan dosen melalui program sertifikasi. “Selain profesionalitas, program sertifikasi juga bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan guru,” ujar Sutami saat membuka peserta Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) Program Sertifikasi Guru dalam Jabatan Provinsi DKI Jakarta yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan di Auditorium Prof Dr Harun Nasution, Kamis (19/8). Turut hadir Pembantu Dekan Bidang Akademik Dr Nurlena Rifa’i, Pembantu Dekan Bidang Administrasi Umum Abdul Rozak MSi, dan Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan Dr Muhbib Abdul Wahab.

Demikian informasi daftar guru yang belum bersertifikat pendidik atau calon peserta sertifikasi guru DKI Jakarta tahun 2013. Perlu kita fahami bersama bahwa dari sejumlah data tersebut bahwa guru belum bersertifikat pendidik adalah guru bukan GTT dan belum memiliki sertifikat pendidik, sertifikasi guru dalam jabatan. Verifikasi data guru bertujuan mendapatkan informasi yang benar sebagai bahan informasi awal dalam penetapan peserta Sertifikasi Guru Dalam Jabatan tahun 2013 dan tahun-tahun berikutnya.



Related Articles:

0 comments:

Post a Comment