Friday, March 8, 2013

Jadwal Sertifikasi Guru 2013

Advertisement

Pelaksanaan Sertifikasi Guru merupakan salah satu wujud implementasi dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Tahun 2013 merupakan tahun ketujuh pelaksanaan sertifikasi guru yang telah dilaksanakan sejak tahun 2007. Perbaikan penyelenggaraan sertifikasi guru terus dilakukan dari tahun ke tahun untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Penyelenggaraan sertifikasi guru tahun 2013 mengakomodasi beberapa perubahan, baik substansi akademik maupun proses penetapan peserta. Salah satu substansi akademik tetap dipertahankan adalah penyelenggaraaan uji kompetensi awal sebelum mengikuti PLPG.



Pelaksanaan uji kompetensi awal sebelum mengikuti PLPG merupakan salah satu bentuk upaya penjaminan mutu proses pelaksanaan sertifikasi guru. Uji kompetensi awal ini bertujuan untuk menetapkan akademik minimal peserta PLPG. Dalam rangka standarisasi pelaksanaan uji kompetensi awal, disusunlah buku panduan ini. Buku panduan ini memberikan rambu-rambu teknis pelaksanaan uji kompetensi awal mulai dari penggandaan soal hingga pemindaian dan analisis hasil uji kompetensi awal.

Untuk tahun anggaran 2013, Uji kompetensi awal (UKA) sebagai saringan awal sertifikasi guru 2013 dijadwalkan pada Maret 2013. Para guru yang sudah masuk database calon peserta sertifikasi dihimbau mulai belajar dan tidak meremehkan UKA, Pengalaman hasil UKA 2012 harus jadi pelajaran, demikian himbauan yang disampaikan Kepala Badan Pengembangan SDM dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDM-PMP) Kemdikbud Syawal Gultom di depan guru se-Mataram di kantor LPMP Provinsi NTB Rabu malam lalu (23/1).

Sebagai gambaran umum kami sampaikan agenda kegiatan terkait sertifikasi guru tahun 2013:

No.Jenis KegiatanKeterangan
1 Uji kompetensi awal (UKA) Maret 2013
2 Pelaksanaan Sertifikasi 2013*) Juni atau Juli

Keterangan:
*) Kuota sertifikasi 2013 ditetapkan sejumlah 250 ribu kursi

Gultom mengatakan jika materi soal UKA adalah yang diajarkan guru sehari-hari. Jika hasil UKA rendah, kompetensi guru dalam mengajar dipertanyakan. Dengan persiapan yang matang, mantan rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) itu optimis nilai guru bakal terdongkrak. Gultom mengatakan jika nilai UKA tinggi, berarti guru tidak kerepotan saat mengikuti sertifikasi.

Tahun 2012 lalu daya serap kuota sertifikasi guru tergolong rendah. Sebab pemerintah tidak bisa memaksakan guru dengan nilai UKA rendah untuk ikut sertifikasi. Gultom menegaskan supaya guru berlomba mendapatkan nilai UKA tinggi supaya bisa mulus ikut sertifikasi. Dia mengatakan sebentar lagi undangan mengikuti UKA 2013 akan segera disebar. Denikian info awal Jadwal Sertifikasi Guru 2013 kami sampaikan, semoga membantu! Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!


Diolah oleh team sertifikasi-guru.com
Sumber : Kemdikbud dan lainnya



Related Articles:

0 comments:

Post a Comment