Thursday, May 9, 2013

Cara Pengecekan Data Dapodik Guru

Advertisement

Pendataan pendidikan secara online lewat data pokok pendidikan (Dapodik) dikabarkan dikeluhkan banyak guru. Alasannya, pendataan masih bermasalah, namun informasinya sudah dipakai sebagai dasar pembayaran tunjangan profesi guru. Dapodik merupakan sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif. Sistem pendataan yang baru menerapkan konsep keterbukaan dan sistem kontrol sosial. Dimana data dapat diakses secara online dan terbuka dalam batasan tertentu oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga setiap data yang ada dapat dikritik dan diklarifikasi langsung oleh masyarakat. Dengan sistem ini, maka seluruh program-program Kemdikbud yang berkaitan dengan pendataan akan lebih akuntabel, sehingga tujuan Renstra Depdiknas dalam meningkatkan tata kelola dan akuntabilitas publik dapat tercapai.

Data pokok pendidikan (Dapodik) merupakan proyek pendataan informasi pendidikan, mulai dari sekolah, guru, dan siswa yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Adanya Dapodik yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi diharapkan jadi basis data yang sahih secara nasional dalam pembuatan kebijakan pendidikan.




Terkait dengan pendataan guru di Dapodik, sejumlah daerah mengeluhkan pengunggahan data yang sulit. Selain itu, pilihan pengisian pendataan secara online tidak sesuai dengan kondisi guru.

Sementara di daerah lainnya para guru kebingungan karena pilihan isian data tidak sesuai dengan kondisi mereka. Sebagai contoh, isian untuk guru muatan lokal (mulok) untuk guru-guru di Magetan tidak bisa diproses. Sebab, jenis mulok beragam, bergantung pada kebijakan di sekolah dan daerah. Di Dapodik guru harus melaporkan pemenuhan kewajiban mengakar minimal 24 jam. Namun, guru yang mengajar dua mata pelajaran berbeda atau lebih dari satu sekolah supaya bisa memenuhi ketentuan tersebut tidak bisa mengunggah data mereka. Akibatnya, data para guru tersebut tidak dapat diproses di Dapodik.

Pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) juga menegaskan bahwa Data Dapodik bermanfaat untuk penerbitan SK Tunjangan.

Keluhan lain terkait pendataan Dapodik adalah sulitnya atau kurang pahamnya cara mengakses server atau laman untuk pendataan. Berikut ini Team sertifikasi-guru.com memberikan update Laman Pengecekan Data Dapodik Guru :

Akses Pengecekan Data Dapodik, disini

Apabila laman tersebut error atau lambat, para guru bisa memilih salah satu Mirror di bawah ini :



Petunjuk:

  • Masukkan NUPTK sebagai username serta tanggal lahir sebagai password dgn format YYYYMMDD. Sebagai contoh jika tgl lahir anda 2 Agustus 1986 passwordnya: 19860802
  • Jika muncul informasi NUPTK tidak ditemukan, ada beberapa kemungkinan. 1) Kolom NUPTK belum diisi pada data Dapodik anda; 2) Kolom NUPTK anda diisi namun salah ketik. 3) Data Dapodik utk NUPTK ybs belum ter-import ke basis data.
  • Jika ada masalah tertentu, sertakan NUPTK dan masalahnya melalui email ke cekdataguru.dikdas@gmail.com utk kami telusuri penyebabnya. Mohon difahami, bahwa mekanisme update data hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Dapodik. Pihak Kemdikbud katanya tidak akan menjawab request update data).

Menurut Kepala Sub Bagian Data dan Informasi, Bagian Perencanaan dan Penganggaran, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Supriyatno, S.Pd., M.A, bahwa data yang diunggah ke Dapodik harus lengkap, wajar, dan benar.

Tidak tercantumnya nama guru dalam Data Pokok Pendidikan, salah satunya, disebabkan pengisian instrumen data oleh operator sekolah tidak lengkap. Seharusnya data yang dimasukkan dalam aplikasi Dapodik lengkap. Jangan sampai ada variabel yang kosong dan terlewat diisi. Jika ada satu saja variabel tak diisi, maka data secara keseluruhan tidak bisa diolah. Misalnya si A mengajar, tapi rombongan belajarnya (rombel) tidak diisi, bagaimana bukti mengajarnya?.

Data Pokok Pendidikan merupakan program pendataan yang digalang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menjaring tiga entitas data pokok pendidikan di seluruh Indonesia secara individual dan relasional. Tiga entitas data tersebut yaitu peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), dan satuan pendidikan. Penjaringan dilakukan secara daring (dalam jaringan—online). Instrumen pendataan pun dapat diunduh dari laman Dapodik.


Demikian info Cara Pengecekan Data Dapodik Guru kami sampaikan, semoga bermanfaat! Amin Ya Rabbal Alamin!



Related Articles:

1 comment:

  1. Selamat malam,
    ada yang saya tanyakan, apakah kalaw hingga saat ini sertifikasi belum keluar yang di karenakan ada kesalahan data dapodi, apakah harus datang langsung ke jakarta atau cukup untuk di edit dapodik nya

    terima kasih

    ReplyDelete