Friday, May 17, 2013

Jadwal Uji Coba Sistem UKA 2013 - Berubah

Advertisement

Jadwal Uji Kompetensi Guru (UKG) atau Uji Kompetensi Awal (UKA) tahun 2013 akan dilaksanakan pada 27 Mei hingga 8 Juni mendatang. Uji kompetensi ini akan diikuti oleh guru-guru yang belum mempunyai sertifikat pendidik yang berjumlah lebih kurang 600 ribu guru TK (Taman Kanak-kanak) hingga SMA/SMK.

Uji Kompetensi Awal (UKA 2013) akan digunakan sebagai pemetaan kompetensi guru, baik kompetensi pedagogik maupun profesionalnya. Tidak semua guru yang lulus UKA akan serta merta menjadi peserta PLPG (Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru). Melainkan mengacu pada usia dan golongan masa kerja.

Terkait Try Out atau uji coba UKA 2013, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPPMP) Kemdikbud hari ini menyampaikan pengumuman Perubahan Jadwal Pelaksanaan Uji Coba Sistem di seluruh TUK tahap 2. Panitia menetapkan jadwal baru Uji Coba Sistem UKG 2013 menjadi tanggal 23 - 24 Mei 2013 (Sumber: Badan PSDMPK-PMP Kemdikbud).

Karena adanya perubahan Jadwal Uji Coba Tahap 2 Sistem UKG 2013, tampaknya penjadwalan uji coba yang sudah disusun di berbagai daerah perlu disesuaikan dengan penjadwalan ulang dari Badan PSDMPK-PMP Kemdikbud. Contohnya untuk jadwal uji coba UKG di Kota Balikpapan, yang menurut Surat Edaran Disdik setempat akan berlangsung 4 hari yaitu tanggal 10, 11, 19, 20 Mei 2013, kiranya perlu dirubah.

Kegiatan uji coba diselenggarakan karena sistem UKG sering terkendala teknis dalam pelaksanaan sebenarnya. Namun dalam uji coba pun bukan berarti tanpa kendala, contohnya pelaksanaan uji coba Uji Kompetensi Guru (UKG) online bagi guru-guru di 15 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Utara, Jumat tanggal 10 Mei, sempat mengalami sedikit kendala.

Dikatakan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP), Drs Johny Runtuwene MSi melalui Ketua Pelaksana Teknis Drs SFY Matindas serta koordinator tim teknis Febry HJ Dien ST MInf Tech, dari 27 Tempat Uji Kompetensi (TUK), terdapat sejumlah wilayah yang mengalami kendala, yakni Kabupaten Talaud dan Minahasa Utara. Menurut Matindas, untuk sistem koneksi internet, sesuai laporan mengalami kelancaran. Bahkan dapat diakses dengan menggunakan flash modem.

Salah satu kendala yang dialami guru peserta adalah mengoperasikan komputer. Begitu juga soal yang lebih mengedepankan penalaran. Menyikapi hal ini, baik Matindas maupun Dien menyampaikan bahwa tujuan UKG online bukanlah uji keterampilan komputer. “UKG bukan mengujikan keterampilan guru mengoperasikan komputer. Tetapi murni untuk mengetahui kompetensi dan kienrja guru,” kata keduanya.

Seperti diketahui, untuk mempersiapkan pelaksanaan UKG online yang digelar serentak pada 27 Mei hingga 08 Juni 2013 mendatang, LPMP telah memulainya dengan menggelar pelatihan operator. Selanjutnya, sebagai koordinasi dengan Dinas Pendidikan kabupaten/kota, LPMP juga melakukan sinkronisasi dengan data ke sistem UKG online. Semoga bermanfaat, Amin Ya Rabbal Alamin!

Disusun oleh : Team sertifikasi-guru.com


Related Articles:

1 comment:

  1. transparan kan hasil UKG. sehingga bagi guru yang tidak lulus, mereka tau bahwa UKG diperiksa dengan baik dan objektif, bukan asal tembak nilai.

    ReplyDelete