Friday, August 30, 2013

Dana Sertifikasi Guru PAI dan Guru Kemdikbud Cair September

Advertisement

Kalaulah untuk beberapa daerah pencairan dana tunjangan sergur triwulan 2 cair di bulan Agustus. Ternyata ada juga beberapa daerah lainya yang dijadwalkan baru cair bulan September 2013. Seperti halnya di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) Provinsi Lampung. Menurut Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) setempat) Tri Kancono, dana tunjangan sertifikasi guru sudah bisa dicairkan pada awal bulan September 2013 mendatang. Tri berdalih, belum disalurkannya seluruh dana tunjangan sertifikasi guru dikarenakan SK dari Dirjen Kementerian Pendidikan terhadap penerima tunjangan sertifikasi belum turun.

"Kemungkinan belum turunnya SK tersebut karena masih adanya kekurangan syarat-syarat dari penerima tunjangan sertifikasi. Alasan dirjen begitu kepada kami, dimana ada sebagian si penerima tunjangan ini yang syarat-syaratnya belum lengkap. Sehingga pendistribusiannya tidak bisa bersamaan," kata Tri Kencono, Selasa (20/8/2013). Dijelaskan, untuk triwulan I tahun 2013 ini dana tunjangan sertifikasi sudah dicairkan kepada 2561 guru dengan anggaran mencapai Rp24,8 Miliar.

"Sedangkan guru yang belum mencairkan dana tunjangan sertifikasi ada 500 orang dengan anggaran yang tersisa sebesar Rp7 Miliar. Saat ini, dana tersebut masih tersimpan di kas daerah Pemkab Lamsel," ujarnya. Selanjutnya, untuk triwulan kedua yang akan menerima dana tunjangan sertifikasi sebanyak 2718 guru, termasuk di dalamnya sekitar 157 guru dari 500 orang yang belum menerima dana sertifikasi pada triwulan pertama.

"Pencairannya awal September 2013 nanti. Sedangkan untuk 157 guru yang belum menerima pada triwulan pertama mereka akan menerima dobel mengingat pada triwulan pertama belum menerima," ungkapnya. Mantan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Lamsel ini menghimbau, bagi guru yang ingin mendapatkan informasi lengkap dapat mempertanyakan langsung kepada Disdik Lamsel, sehingga tidak terjadi simpang siur.

Diberitakan sebelumnya, beberapa guru setempat mengungkapkan kekecewaannya dengan pendistribusian tunjangan dana sertifikasi bagi guru sekolah dasar (SD) karena sudah ada yang menerima dan sebagian lagi belum menerimanya. Padahal, guru yang belum menerima tunjangan sertifikasi sudah melengkapi data dan syarat-syarat lain yang ditentukan oleh Disdik Lamsel tetapi hingga kini belum juga menerimanya.

Sertifikasi Guru PAI Cair September

Untuk sekitar sekitar 300 guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang sudah bersertifikasi di Kabupaten Dompu, juga ada kabar gembira karena tunjangan sertifikasi triwulan kedua tahun 2013 direncanakan cair September 2013. "Meski relatif telat, Insya Allah, pencarian dana sertifikasi triwulan kedua akan dicairkan September. Anggarannya sudah tersedia,” kata Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Dompu Syamsul Ilyas, M.Si, pada wartawan di halaman Kantor Bupati Dompu. Menurutnya, jumlah guru PAI yang penerima tunjangan sertifikasi tahun ini sekitar 300 orang. Sedangkan anggaran yang dialokasikan untuk tunjangan ini Rp 9 miliar. “Hitungan per orangnya Rp 30 juta,” ujarnya. Sebagaimana diketahui, pencairan tunjangan sertifikasi untuk triwulan pertama tahun 2013 telah dilakukan Juni lalu.

Enam Bulan Tunggakan 2011-2012 Urusan Pusat Hingga saat ini, pemerintah masih menunggak enam bulan dana tunjangan sertifikasi guru PAI Kabupaten Dompu. Empat bulan tahun 2011 dan dua bulan tahun 2012. Bagaimana dengan tunggakan itu? Ditanya demikian, Syamsul mengaku, bahwa hal itu urusannya pusat (Kemenag Pusat). “Pernah kita sampaikan ke provinsi (Kemenag NTB, red), tapi dijawab itu urusan pusat,” jelasnya. Syamsul menegaskan, pihaknya hanya punya kewenangan mengusulkan dan mengkoordinasikan. “Selanjutnya, kewenangan dan urusan pusat,” jelasnya.

Kabar gembira juga bagi 45 ribu guru yang telah tersertifikasi di lingkungan Dinas Pendidikan (Disdik) Bandarlampung. September ini semua dana sertifikasi yang belum dibayar akan dirapel. Kadisdik Kota Bandarlampung Sukarma Wijaya mengatakan, rapel diberikan pada akhir bulan depan. Untuk itu, Jumat pekan ini, pihaknya akan menyosialisasikan dengan memanggil guru-guru yang telah tersertifikasi.

Menurut dia, tidak ada alasan menunda pencairan rapel dana sertifikasi lantaran dana dari pusat Rp71 miliar sudah turun. Dana itu untuk Januari sampai Agustus.

Namun demikian, dana sertifikasi untuk September sebesar Rp1,3 miliar belum diketahui. Pihaknya berharap diberikan juga sehingga tak ada lagi tunggakan,.

Bagaimana dengan guru yang belum tersertifikasi? Sukarma meminta mereka segera mengurusnya lewat Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Lampung dan Universitas Lampung (Unila). Kedua lembaga itu yang selama ini menjadi ujung tombak sertifikasi guru. Dikatakannya bahwa pihaknya hanya menerima hasilnya. Ketika guru dinyatakan lulus sertifikasi dan ada surat keputusan dari Kemendikbud, baru masalah tunjangan mereka diurus oleh Dinas Pendidikan setempat. Semoga pencairan dana tunjangan Sertifikasi Guru di berbagai daerah berjalan lancar sehingga guru dapat konsen dalam melaksanakan tugas-tugasnya.


Semoga bermanfaat, Amin Ya Allah Ya Rabbal Alamin!


Disusun oleh Team sertifikasi-guru.com

Related Articles:

1 comment:

  1. Yth Admin Tolong sampaikan keluhan kami Guru SD SWASTA di KOTA METRO LAMPUNG banyak untuk tahap 1 dan 2 Belum ada kabar sampai hari ini tgl 25/09/2013.Trimakasih.

    ReplyDelete