Pages

UKA

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI mulai tahun 2012 menerapkan uji kompetensi awal (UKA) bagi guru yang berhak ikut sertifikasi. Mendikbud M. Nuh mengatakan, sertifikasi merupakan sebuah proses melalui Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG), yang ingin memastikan bahwa seseorang itu profesional sebagai guru.

Menurut Menteri ada empat ranah yang diujikan, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi akademik, kompetensi institusional, dan kompetensi profesional. Karena itulah, uji kompetensi dilakukan untuk melihat kompetensi seseorang apakah sudah memenuhi empat ranah tersebut.

Uji kompetensi juga dilakukan guna memastikan orang yang masuk ke dalam PLPG, apakah sudah memenuhi persyaratan minimal yang harus dipenuhi. Jika peserta sudah memenuhi standar minimal dan mendapat sertifikasi, berarti dia dianggap sudah profesional secara administratif. Kalaulah ada yang menolak karena tidak termasuk dalam yang diatur itu, berarti mereka terjebak dalam hal procedural administrative. Ia menambahkan, secara substansi, uji kompetensi ditujukan untuk meningkatkan kualitas guru.

Kemdikbud juga sudah menyiapkan anggaran untuk tunjangan profesi guru, yang anggarannya terus meningkat setiap tahun. Pada tahun 2010, tunjangan profesi guru mencapai 14 trilyun rupiah. Kemudian pada tahun 2011 mencapai 29 trilyun rupiah. Berarti dalam satu tahun, terdapat tambahan anggaran sebesar 15 trilyun rupiah. Tahun 2012 ada 33 trilyun, tahun 2013 diperkirakan nanti ada 47 trilyun , berarti ada 14 trilyun bertambahnya.

Beliau mengatakan, jika setiap tahun penambahan anggaran untuk sertifikasi guru mencapai minimal 14 trilyun rupiah, maka diperkirakan pada 2014, anggarannya mencapai 41 trilyun rupiah. Dari perspektif anggaran, kementerian harus bertanggungjawab atas pengeluaran anggaran yang dikeluarkan, sehingga uji kompetensi harus bisa berjalan dengan baik dan bisa dipertanggungjawabkan.

16 comments:

  1. Saya sangat terpanggil untuk mengikuti perjalanan perekrutan peserta PLPG melalui tahap UKA. Karena dengan mengikuti Uji Komptensi Awal akan semakin siap untuk menjadi guru yang betul-betul Berprofesi sehingga siap sebagai guru yang profesional sejalan dengan imbalan yang tertera pada SK Dirjen yang diberikan kepada mereka.

    ReplyDelete
  2. Mudah-mudah pelaksanaan Penjaringan Guru Berprofesi Tahun 2013 melalui Program Sertifikasi Guru membawa dampak yang lebih baik untuk ke depan demi majunya pelayanan pendidikan di negeri yang tercinta ini. Amin.........

    ReplyDelete
  3. Dengan adanya uka menunjukkan bahwa guru betul2 bisa di akui kompetensinya

    ReplyDelete
  4. UKA atau UKG atau UKKS periode terdekat ini kapan ya ? (Teguh : mistertgh@yahoo.com)

    ReplyDelete
  5. yang udah lulus srtfiksi moga cpt cair....

    ReplyDelete
  6. sdh msuk dlm dftr, sdh tau nomer, juga tmpat pelaksanaan..tp kapan sii tgl mainnya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trim Bu, Jadwal Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru 2013 mengalami perubahan. Penyelenggaraan UKG 2013 menurut jadwal semula akan digelar tanggal 2 April s.d. 12 April 2013, dirubah atau dimundurkan ke bulan Mei tahun 2013 (hari dan tanggal belum ditetapkan). Alasan perubahan pelaksanaan UKG tersebut dikarenakan anggaran pelaksanaan UKG masih dalam proses pembahasan ulang untuk proses pencairan dananya.

      Delete
  7. Bagaimana nich peluang di UKA 2013 bagi usia dan golongan yg masih muda dan rendah untuk calon sertifikasi..

    ReplyDelete
  8. kpn pelaksanaan uka/ukg online sertifikasi 2013

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pelaksanaan Uji Kompetensi Awal/Uji Kompetensi Guru akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia mulai tanggal 27 Mei s.d. 08 Juni 2013, silakan bisa dibaca ulasannya jadwal UKA Sertifikasi Guru 2013 di artikel kami http://www.sertifikasi-guru.com/2013/05/jadwal-uk-guru-2013.html, Terima kasih Pak Puji :)

      Delete
  9. ujian sertifikasi lebih berkompeten dan independen dari ujian PNS (bnyk pungli), udah rahasia umum...

    ReplyDelete
  10. usia sebagai proritas pertama bisa diterima tetapi masa kerja lebih utama bagi seorang yang profesional apalagi jenjang kuliahnya lebih tinggi. semoga seorang guru yang sdh bergelar profesional lebih bisa memaknai tanggungjawab dan melaksanakan tugas sebagaimana mestinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul bu Ai Deti, guru profesional harus memiliki kualifikasi akademik minimum sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) begitu menurut aturan sergur 2013 (penetapan peserta/buku I). Selain itu para guru dituntut untuk menguasai kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. Sebagai tenaga profesional, guru juga diharapkan dapat meningkatkan martabat dan perannya sebagai agen pembelajaran. Sertifikasi guru sebagai upaya peningkatan mutu guru diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran dan mutu pendidikan di Indonesia secara berkelanjutan. Terima kasih bu, salam sukses!

      Delete
  11. Bagi guru yg sudah lulus Diklat Pasca UKA Apa perlu ikut ukg onlen yg diselenggarakan awl bulan Juni ini di Kabupaten masing-masing guru bertugas. Dan bagi tsb yg tidak ada namanya sbg peserta UKG. Bagaimana,.......................................................................................................................

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kegiatan UKA 2013 diikuti oleh guru belum bersertifikat pendidik Bu, peserta harus terdaftar di sergur Kemdikbud! Trims! Namun untuk memastikan keikusertaannya bisa dicek via artikel kami di http://www.sertifikasi-guru.com/2013/06/mengecek-jadwal-dan-peserta-uka-sergur.html Trims!

      Delete